SUMBANGKAN PUISI, KATA MUTIARA, KISAH INSPIRATIF dan MOTIVATIF atau CERITA LUCU ANDA DI SINI

Tuesday, September 24, 2013

Catatan Perkembangan

CATATAN PERKEMBANGAN EPILEPSI



Catatan Perkembangan
       Catatan perkembangan merupakan catatan tentang perkembangan keadaan klien yang didasarkan pada setiap masalah yang ditemui pada klien, modifikasi rencana dan tindakan mengikuti perubahan keadaan klien. Pada teknik ini catatan perkembangan dapat menggunakan bentuk SOAPIER (Aziz Alimul Hidayat, 2002 : 44).
Komponen dalam catatan perkembangan :
S    :  Data Subjektif. Perkembangan keadaan didasarkan pada apa yang dirasakan, dikeluhkan dan dikemukakan klien.
O   :  Data Objektif. Perkembangan yang bisa diamati dan diukur oleh perawat atau tim kesehatan lain.
A   :  Analisa. Kedua jenis data tersebut, baik subjektif maupun objektif dinilai dan dianalisis, apakah berkembang ke arah perbaikan atau kemunduran. Hasil analisnya dapat menguraikan sampai dimana masalah yang ada dapat diatasi atau adakah perkembangan masalah baru yang menimbulkan diagnosa keperawatan baru.
P    :  Perencanaan. Rencana penanganan klien dalam hal ini didasarkan pada hasil analisis diatas yang berisi melanjutkan rencana sebelumnya apabila keadaan atau masalah belum teratasi dan membuat rencana baru bila rencana awal tidak efektif.
I     :  Implementasi. Tindakan yang dilakukan berdasarkan rencana.
E   :  Evaluasi. Evaluasi berisi penilaian tentang sejauh mana rencana tindakan dan evaluasi telah dilaksanakan dan sejauh mana masalah pasien teratasi.
R   :  Reassesment. Bila hasil evaluasi menunjukkan masalah belum teratasi, pengkajian ulang perlu dilakukan kembali melalui proses pengumpulan data subjektif, data objektif dan proses analisisnya.




0 comments:

Post a Comment

 
google-site-verification: google249b3350d4d959ab.html