SUMBANGKAN PUISI, KATA MUTIARA, KISAH INSPIRATIF dan MOTIVATIF atau CERITA LUCU ANDA DI SINI

Wednesday, September 4, 2013

Pengkajian Riwayat Kesehatan Pada Pasien Epilepsi

ASKEP PENGKAJIAN RIWAYAT KESEHATAN EPILEPSI


1) Riwayat kesehatan  sekarang
       Merupakan pengembangan dari keluhan utama dan data yang menyertai  menggunakan pendekatan PQRST yaitu :
P : (Paliatif/provokatif) merupakan faktor pencetus terjadinya penyakit, hal yang memperberat dan memperingan, epilepsi bisa diperberat oleh adanya trauma pada kepala, infeksi, bahkan stressor juga dapat mengakibatkan epilepsi, pada klien epilepsi dengan gangguan jalan nafas kondisinya akan semakin berat dan dapat menimbulkan gagal nafas.
Q :   (Quantitas) menggambarkan seperti apa keluhan yang dirasakan klien. Pada klien dengan epilepsi biasanya mengeluh sakit kepala yang dirasakan sangat berat, dan mengganggu.
R : (Region/radiasi) untuk mengetahui lokasi dan keluhan yang   dirasakan. Pada klien dengan epilepsi. Keluhan biasanya dirasakan di daerah frontal atau rasa sakit di daerah oksipital.
S :    (Skala) intesitas nyeri apabila klien merasakan nyeri. Pada klien dengan epilepsi cenderung merasakan nyeri dengan sekala 3-4 bahkan apabila serangan terjadi secara serentak  skala nyeri bisa menjadi 5 dari rentang nyeri 1-5
T :  (Time)  waktu keluhan dirasakan dan durasinya berapa lama keluhan dirasakan. Pada epilepsi biasanya kejang terjadi setiap 1 jam kurang lebih 3X, lamanya setiap kejang kurang lebih 1/ 2 menit
2) Riwayat kesehatan masa lalu
       Riwayat kesehatan menjelaskan tentang riwayat perawatan di RS, alergi, penyakit yang pernah diderita klien yang ada hubungannya dengan penyakit sekarang seperti panas, batuk pilek, atau penyakit yang serupa diderita klien.
1)   Riwayat kesehatan keluarga
       Riwayat kesehatan keluarga perlu ditanyakan mengenai penyakit yang sifatnya menular dan apakah penyakit tersebut tertular dari anggota keluarga maupun penyakit keturunan.
2)   Genogram
       Merupakan gambaran keturunan  dalam keluarga serta pola asuh klien.
3)   Riwayat persalinan dan kehamilan

          Ditanyakan keadaan ibu selama hamil, keluhan saat hamil, apakah ibu mendapatkan imunisasi TT, apakah ada makanan pantangan selama hamil, apakah ada riwayat yang berhubungan dengan kehamilan, pola kebiasaan ibu yang mempengaruhi terhadap kehamilan.

DAFTAR PUSTKA
Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan  Permasalahanya. Jakarta : Sagung Seto
Betz, Cecily. L, 2002. Buku Saku Keperawatan Pediatrik edisi 3; EGC, Jakarta.
Gaffar, L. O. J. (1999). Pengantar Keperawatan Profesional / La Ode Jumadi Gaffar ; editor, Yasmin Asih – Jakarta : EGC



0 comments:

Post a Comment

 
google-site-verification: google249b3350d4d959ab.html