SUMBANGKAN PUISI, KATA MUTIARA, KISAH INSPIRATIF dan MOTIVATIF atau CERITA LUCU ANDA DI SINI

Wednesday, September 4, 2013

Pengkajian Perawatan Epilepsi

PENGKAJIAN PERAWATAN EPILEPSI

1)    Riwayat pertumbuhan dan perkembangan
a)      Pertumbuhan menceritakan yang meliputi : berat badan, panjang badan, lingkar kepala, lingkar tangan dan lingkar perut. Pada anak usia infat berat badan akan menjadi dua kali lipat pad usia 6 bulan, panjang badan rata-rata 65 cm, lingkar kepala mencapai 42,5 cm. Pada anak dengan penyakit epilepsi biasanya tidak ada pengaruh terhadap pertumbuhan fisiknya, klien mungkin saja akan tumbuh besar sesuai dengan usianya.
b)      Perkembangan menceritakan tentang yang meliputi : motoris halus, motoris kasar, bahasa, perkembangan psikoseksual, perkembangan psikososial, perkembangan moral, dan perkembangan kepercayaan. Perkermbangan pad anak usia infant seperti motorik kasar dapat mengangkat kepala sambil berbaring terlentang, motorik halus minum dari cangkir dengan bantuan, perkembangan sensoris mengenali namanya sendiri, perkembangn kognitif memahami arti kata dan perintah sederhana, perkembangan bahasa mampu menggunakan kalimat satu kata. Akan tetapi pada klien dengan epilepsi akan memperlihatkan penurunan terhadap perkembangannya, anak mungkin akan menderita retradasi mental sehingga perkembangannya terhambat dan tidak sesuai dengan usianya.
2)    Riwayat imunisasi
       Merupakan hal-hal spesifik tentang imunisasi (jenis, umur, dan usia diberikan imunisasi) serta reaksi yang tidak diharapkan. Bila anak belum mendapatkan imunisasi catat alasannya. Pada anak usia 9 bulan harus sudah mendapatkan imunisasi lengkap seperti lengkap seperti : BCG, Hepatitis 1, 2 dan 3, DPT 1,2, dan 3, Polio 1, 2, 3 dan campak. Dan pada usia sekolah wajib sudah mendapatkan imunisasi DTP (difteri, tetanus, dan pertusis), OPV (paksin polio oral), HBC (vaksin konjugat haemophilus influenza tipe B dan MMR : virus hidup measles (campak), mups (gondongan), dan rubella (campak jerman) dikombinasi dalam satu vaksin.
3)   Riwayat pemberian makan

       Menjelaskan tentang pemberian ASI ekslusif atau pemberian PASI usia kurang dari 6 bulan dan jika diberikan PASI sebutkan jenisnya serta pemberian makanan padat dari mulai usia 6 bulan. 


DAFTAR PUSTKA

Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan  Permasalahanya. Jakarta : Sagung Seto
Betz, Cecily. L, 2002. Buku Saku Keperawatan Pediatrik edisi 3; EGC, Jakarta.
Gaffar, L. O. J. (1999). Pengantar Keperawatan Profesional / La Ode Jumadi Gaffar ; editor, Yasmin Asih – Jakarta : EGC

0 comments:

Post a Comment

 
google-site-verification: google249b3350d4d959ab.html